Manfaat wortel bagi tubuh

Manfaat wortel bagi tubuh - Manfaat wortel mentah lebih manjur untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya tetap sempurna. Wortel sangat kita kenal sebagai sayuran. Biasanya, kita menggunakan wortel sebagai bahan untuk menyiapkan sup atau jenis makanan lainnya. Tapi tak jarang, banyak yang tidak suka sayuran oranye. Sebagian besar dari mereka yang tidak suka wortel mengatakan jika sayuran ini memiliki sedikit rasa aneh di lidah. Meski wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, dan mampu memuaskan berbagai kebutuhan nutrisi tubuh kita, terutama wortel yang masih dalam keadaan mentah.Wortel Jadi, mari kita cari tahu lebih banyak tentang wortel, terutama wortel mentah, jadi kita mengerti apa manfaatnya. Wortel memiliki nama ilmiah Daucus Carota dari keluarga Apiaceae dan genus Daucus. Wortel termasuk sayuran umbi. Wortel memiliki tekstur renyah dengan sedikit rasa manis. Wortel juga termasuk sayuran di seluruh dunia karena mereka dapat ditemukan di hampir setiap negara.
kesehatan tubuuh

Ada berbagai jenis wortel yang bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Sayuran ini juga sangat terkenal sebagai sumber vitamin A tinggi, yang dianggap salah satu makanan sehat dunia. Selain kandungan vitamin A-nya, ternyata wortel juga sangat kaya nutrisi lainnya, maka bagi anda yang ingin hidup sayuran mulai makan sehat yang satu ini.

Kandungan gizi wortel
Wortel memiliki kandungan gizi yang sangat beragam. Kandungan nutrisi ini juga hadir dalam jumlah cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Ini adalah berbagai nutrisi yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi 100 gram wortel mentah, yang dijelaskan pada tabel di bawah ini:

Nila Nutrisi Persentase Nilai Gizi
Energi 41 kalori 2%
Karbohidrat 9,58 gram 7%
Protein 0,93 gram 0,93%
Total Lemak 0,24 gram 1%
Kolesterol 0 gram 0%
Serat 2,8 gram 7%
Folat 19 μg 5%
Niacin 0,983 mg 6%
Asam pantotenat 0,2373 mg 5,5%
Piriodoksin 0.138 mg 10%
Riboflavin 0,058 mg 4%
Tiamin 0,066 mg 6%
Vitamin A 16706 IU 557%
Vitamin C 5,9 mg 10%
Vitamin K 13,2 μg 11%
Sodium 69 mg 4,5%
Kalium 320 mg 6,5%
Kalsium 33 mg 3%
Tembaga 0,045 mg 5%
Besi 0,30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0.143 mg 6%
Fosfor 35 mg 5%
Selenium 0,1 μg <1%
Seng 0,24 mg 2%
Karoten -? 3427 -
Karoten-β 8285 μg -
Cypto xanthine β 0 μg -
Lutein zeaanthin 256 μg -
Beragam Manfaat Wortel Mentah

Bagi Anda yang sering mengonsumsi pil vitamin A, mungkin sebaiknya anda langsung beralih ke sayur berwarna ini. Ya, wortel seperti yang dijelaskan di atas memiliki banyak vitamin A. Bahkan di antara nutrisi lainnya, vitamin A memiliki nilai tertinggi. Tak hanya vitamin A, wortel juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh kita. Karena itu, jika Anda mengonsumsi wortel wortel mentah, khususnya, selain memenuhi kebutuhan vitamin A, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan nutrisi lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari wortel mentah:

Perbaiki fungsi penglihatan
Manfaat wortel untuk mata telah dipatenkan, wortel telah dikenal sebagai sumber makanan yang bisa memberi nutrisi indra penglihatan. Wortel mentah mengandung sejumlah besar vitamin A, yang kira-kira setara dengan 16.706 IU atau 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Selain itu, wortel juga mengandung banyak beta karoten yang kemudian bisa diubah menjadi vitamin A di hati kita.

Vitamin A diubah menjadi bentuk rhodopsin di retina. Rhodopsin adalah pigmen ungu yang membutuhkan mata untuk melihat di malam hari. Selain itu, penelitian menunjukkan apakah orang yang mengkonsumsi banyak makanan kaya beta karoten cenderung memiliki potensi katarak dan miopia lebih dari 40 persen lebih rendah daripada beta karoten yang jarang dikonsumsi.

Membantu mencegah kanker
Beberapa penelitian menunjukkan apakah wortel mentah terbukti membantu mengurangi risiko kanker usus besar, kanker payudara dan kanker paru-paru. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan apakah wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk dalam zat antikanker. Falcarinol sendiri adalah sejenis pestisida alami yang diproduksi oleh wortel untuk melawan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur.

Top untuk kanker
Membantu menunda penuaan
Kandungan beta karoten tinggi pada wortel juga berguna sebagai antioksidan yang dapat membantu membersihkan kematian sel-sel melalui proses target.

Itulah beberapa manfaat wortel bagi tubuh, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.