cara perawatan sunat agar cepat sembuh

cara perawatan sunat agar cepat sembuh - Jika Anda atau anak Anda baru saja menjalani khitanan medis, Anda perlu memahami pengobatan apa yang harus diberikan pada saat pemulihan lebih cepat. Pemberian perawatan setelah sunat yang tepat juga bisa mencegah infeksi atau komplikasi lainnya. Segera lihat informasi penting tentang pengobatan sunat berikutnya.

Perawatan sunat


Berapa lama Anda harus beristirahat di rumah setelah disunat?

Baca juga : Klinik dokter khitan pekanbaru

Selain bagaimana Anda merasakan sakit yang disunat, pertanyaan ini mungkin adalah salah satu anak yang paling sering ditakuti atau pria dewasa. Setelah disunat, Anda atau anak Anda akan diminta oleh dokter untuk beristirahat di rumah dan menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat. Periode pemulihan setelah sunat berkisar antara tujuh sampai sepuluh hari.Namun, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda sehingga Anda harus bertanya kepada dokter berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih. Pasalnya, khitan pada pria dewasa terkadang bisa memakan waktu hingga tiga minggu. Selama masa pemulihan Anda harus menghindari olahraga dan aktivitas seksual (seks atau masturbasi). Pengobatan setelah sunat pulih dengan cepat

Untuk masa pemulihan menjadi lebih cepat dan bebas dari risiko infeksi, pertimbangkan pedoman perawatan berikut setelah disunat :

1. Meredakan rasa sakit

Setelah disunat, Anda mungkin merasa tidak nyaman atau sakit pada area penis. Umumnya, dokter meresepkan analgesik seperti ibuprofen atau acetaminophen. Ikuti saran dokter atau apoteker Anda untuk minum obat-obatan ini.

Sebagai obat penghilang rasa sakit alami, Anda bisa mencoba menggunakan kunyit. Jika tidak suka, campurkan kunyit dengan makanan atau sup. Kunyit memiliki keefektifan analgesik alami dan bisa mencegah infeksi. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum kunyit untuk menghilangkan rasa sakit setelah disunat.

2. Bersihkan daerah penis

Hati-hati saat membersihkan area penis anda. Pembalut biasanya akan terbuka satu atau dua hari setelah disunat. Setelah itu bisa dibersihkan dengan air hangat. Anda tidak perlu menggunakan sabun. Namun, jika Anda benar-benar ingin membersihkan dengan sabun, pilih sabun yang bebas dari bahan kimia yang terlalu keras seperti antiseptik, wewangian dan pengawet. Keringkan dengan handuk lembut sambil mengetuk lembut, jangan menggosok.

3. Kenakan kaos dan celana longgar

Hindari pakaian atau celana terlalu ketat saat Anda atau anak Anda pulih. Selain menekan dan menimbulkan rasa sakit, peredaran udara dan darah di daerah penis akan terhambat. Akibatnya, penis sembuh lebih lama.

4. Terapkan Vaseline

Vaseline (petroleum jelly) bisa dioleskan ke ujung dan batang penis secukupnya. Petrolatum bisa mencegah bekas luka akibat sunat pada celana dalam atau celana.

Kapan harus segera ke dokter?

Penyunatan dapat menyebabkan komplikasi atau risiko tertentu. Jika Anda mengalami hal-hal berikut, segera hubungi dokter atau kunjungi pusat kesehatan terdekat Anda sesegera mungkin.

  • Demam dan lemas
  • Mual, muntah dan pusing
  • Gejala infeksi penis, seperti pembengkakan yang tidak membaik, sehingga kemerahan pada kulit, garis merah muncul di tubuh penis, pendarahan hebat, atau rasa sakit yang tidak hilang atau turun setelah minum obat.
  • Tidak bisa kencing, sakit saat buang air kecil, berdarah saat buang air kecil, atau kencing dalam bau berawan dan menyengat.
Itulah beberapa cara perawatan sunat, semoga berguna dan bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.