Kandungan jambu biji bagi kesehatan

Kandungan jambu biji bagi kesehatan - Meski jambu biji memiliki rasa pahit manis yang menyatu menjadi satu, namun buah ini tetap disukai oleh banyak orang. Selain itu, jambu biji memiliki bibit kecil tapi jumlahnya banyak dan sangat keras. Tapi sekarang ada jambu unggul yang memiliki rasa manis dan bijinya tidak terlalu mirip dengan varietas jambu biji biasa.

Manfaat jambu


Jambu biji mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Faktanya, kandungan vitamin C dalam jambu biji memiliki kadar yang lebih tinggi dibanding jeruk yang mengandung vitamin C yang "hanya" 49 mg / 100 gram. Dan, kandungan vitamin C pada buah jambu biji lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah jambu kiwi yang sering disebut sebagai raja vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam biji ditemukan terutama di kulit dan daging tebal dari luar. Dan secara umum, kandungan vitamin C dalam jambu biji akan meningkat saat jambu mulai memasak.

Baca juga :  Dokter khitan pekanbaru

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji juga mengandung banyak serat yang disebut pektin, yang merupakan jenis serat yang larut dalam air. Pektin yang terkandung dalam buah jambu biji sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengikat kelebihan kolesterol dalam tubuh kita bersamaan dengan asam empedu dalam tubuh dan membuang tubuh kita. Jambu bijiSelain mengandung vitamin C, vitamin A dan pektin, jambu biji juga mengandung banyak mineral seperti magnesium dan mangan, triptofan adalah asam amino esensial, ia juga mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam alegat, asam korbigen dan asam linoleat.

Jambu biji juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan air. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam jambu biji, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi jambu biji untuk menjaga kesehatan tubuh kita, seperti:

Menyembuhkan infeksi dalam tubuh
Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita sehingga tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit atau infeksi. Dengan mengonsumsi buah jambu biji langsung atau konsumsi jus buah jambu biji Darsa kita sudah mengalami sakit tenggorokan atau flu, yang akan memungkinkan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Mencegah serangan kanker
Dengan kandungan vitamin C plus adanya flavonoid daalam jambu biji, maka membuat jambu biji memiliki khasiat antioksidan yang kuat dan mampu menghambat produksi nitrosamin, yaitu zat yang bisa memicu kanker di tubuh kita. Vitamin C yang tepat dalam darah akan merangsang kinerja selenium untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar. Kandungan lycopene dalam jambu biji menghambat oksidasi lemak di tubuh kita sehingga kita menjauh dari serangan kanker.

Mencegah penyakit jantung koroner
Kandungan kalium dalam jambu biji lebih tinggi dibanding kandungan potassium pada pisang. Kalium dalam jambu biji dapat membantu menjaga detak jantung tetap stabil. Selain itu kandungan alegat asam, korbigen dan serat pada buah jambu biji juga mampu mengikat kelebihan lemak dalam tubuh sehingga mencegah terbentuknya plak di arteri atau aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Kurangi kondisi hipertensi
Selain mencegah timbulnya aterosklerosis yang bisa menyebabkan jantung koroner, kandungan potassium dalam jambu biji juga bisa menstabilkan tekanan darah. Kondisi hipertensi bisa menurun dengan mengkonsumsi jambu biji secara teratur, sehingga tekanan darah menjadi stabil.

Antiviral serta anti inflamasi
Vitamin C dalam jambu biji akan berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi, anti-alergi dan antivirus. Jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi jambu biji untuk mencegah serangan virus dan mencegah timbulnya peradangan.

Antibakteri dan desinfektan untuk tubuh
Jambu biji kaya akan zat dasar dan memiliki sifat antibakteri dan disinfektan yang alami bagi tubuh kita. Berbagai penyakit, terutama diare dan disentri, biasa terjadi

Itulah beberapa kandungan jambu biji, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.