Menjaga kesehatan telinga

Menjaga kesehatan telinga - Telinga adalah salah satu dari lima indera bahwa kesehatan harus dijaga. Semakin tua Anda, telinga untuk mendengar mungkin berkurang. Serta mata mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk melihat mereka seiring bertambahnya usia. Untuk ini, dianjurkan untuk menjaga kesehatan telinga Anda dari sekarang, sesegera mungkin.

Menjaga kesehatan telinga


Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga Anda:

1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar 
Anda mungkin berpikir sebaiknya membersihkan telinga dengan cotton bud secara teratur. Namun, anggapannya salah. Sebagai gantinya, Anda tidak dianjurkan untuk memasukkan cotton bud atau sesuatu yang lain di telinga untuk membersihkan telinga. Memasukkan cotton bud ke telinga benar-benar berisiko mendorong lilin ke telinga. Selain itu, penyisipan sesuatu ke dalam rongga telinga juga beresiko merusak organ sensitif di telinga, seperti gendang telinga.

Jadi bagaimana Anda membersihkan telinga Anda? Telinga adalah organ yang bisa dibersihkan. Cairan lilin di dalam telinga membantu mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya masuk ke telinga. Karena itu, fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan telinga dan lilin telinga itu normal. Jika Anda memiliki kelebihan lilin ini, Anda bisa menyeka daerah sekitar rongga telinga dengan handuk lembut. Sebagai alternatif, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga Anda dengan alat khusus.

2. Lindungi telinga Anda dari suara keras 
Fungsi telinga adalah mendengarkan. Namun, telinga memiliki kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara masuk dalam kategori aman untuk mendengar telinga. Terlalu sering terpapar dengan suara nyaring, bisa membuat kemampuan mendengar Anda berkurang. Sumber yang kuat ini bisa beragam, misalnya dari lingkungan kerja Anda, dari musik yang Anda dengarkan, dan sebagainya. Untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda, Anda harus melakukan hal berikut:

Jika lingkungan kerja Anda selalu menciptakan suara keras, seperti saat memotong, menggunakan alat suara listrik, dan lain-lain, Anda harus memakai pelindung telinga.
Jika Anda suka mendengarkan musik, Anda juga sebaiknya tidak mengatur volume pemutar musik Anda. Jika Anda mendengarkan musik melalui headphone dan suara didengar oleh orang dekat atau Anda tidak dapat mendengar suara lain, itu berarti volume musik Anda terlalu keras dan Anda harus menurunkannya. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan headphone untuk mendengarkan musik. Beri waktu ke telinga untuk beristirahat. Anda bisa mengikuti aturan 60/60 saat mendengarkan musik melalui headphone. Artinya, batas volume musik Anda tidak lebih dari 60% dan Anda menggunakannya tidak lebih dari 60 menit sehari.
Jangan dengarkan dua sumber kuat sekaligus. Ini benar-benar dapat merusak pendengaran Anda. Misalnya, ketika seseorang membersihkan rumah dengan penyedot debu yang membuat kebisingan, itu tidak menambah volume televisi atau bahkan mendengarkan musik dengan suara nyaring.
Jika Anda ingin melihat konser atau pergi ke tempat yang bermain musik dengan suara keras, Anda harus mengenakan penutup telinga.

3. Jaga agar telinga tetap kering 
Kelembaban basah atau berlebih dari telinga memungkinkan bakteri masuk ke saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga yang disebut telinga perenang atau eksterna otitis. Telinga perenang adalah infeksi telinga bagian luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga, sehingga bakteri menjadi terjebak. Di lingkungan yang panas dan lembab, bakteri ini meningkat dalam jumlah yang menyebabkan iritasi dan infeksi pada saluran telinga.

Karena itu, pastikan telingamu selalu kering. Jika Anda adalah hobi berenang, Anda harus mengenakan penutup kuping untuk berenang agar air tidak masuk ke telinga Anda. Jika Anda merasa air masuk ke telinga Anda, segeralah memiringkan kepala dan tarik telinga untuk merangsang air. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan telingamu dengan handuk kering setelah masing-masing berenang dan juga setelah mandi masing-masing, ini penting.

Baca juga : sunat pekanbaru

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap telinga ke dokter 
Penting bagi Anda untuk memeriksa telinga Anda dengan dokter Anda, terutama saat Anda bertambah tua. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, jadi Anda perlu memastikan bahwa kondisi telinga Anda sehat setiap saat. Anda perlu melakukan tes pendengaran awal sehingga Anda bisa mengukur dan mengambil tindakan saat ada gangguan pendengaran yang Anda rasakan. Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada akumulasi kotoran telinga di telinga. Jika ada, telinga Anda mungkin perlu

Itulah beberapa menjaga kesehatan telinga, semoga berguna dan bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.