Manfaat kedondong bagi kesehatan

Manfaat kedondong bagi kesehatan - Kedondong adalah tanaman buah mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini juga dikenal sebagai amberella. Buah kedondong bisa langsung dimakan dalam kondisi segar, atau sering diolah di rujak, acar, dll. Buah ini memiliki satu biji berserat tunggal. Daun digunakan sebagai perasa dalam pembuatan pips. Di beberapa daerah buah kedondong juga telah dibudidayakan untuk kebutuhan sumber konsumen.
Kedondong


Berikut inilah manfaat kedondong :

1. Bagus untuk saluran pencernaan
Mengonsumsi buah kedondondal secara teratur untuk saluran pencernaan karena buah kedondong mengandung serat 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat berguna untuk melunakkan fungsi gastrointestinal.

2. Kedondong untuk sakit perut
Gunakan 15 gram, lalu kulit segar lalu cuci bersih lalu bilas lalu potong kecil-kecil, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit, lalu segera saring air rebusan dingin, dan air yang disaring bisa diminum 2 kali sehari.


Baca juga : Sunat pekanbaru

3. Kedondong untuk mengobati bisul dan luka bakar
Daun Kedondong juga biasa digunakan untuk mengobati bisul, sakit dan luka bakar.

4. Kedondong untuk mengobati diare
Gunakan sekitar 15 gram kulit batang bersih segar, lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit, tunggu sampai mendingin dan kemudian saringan dan saringan air bisa diminum 2 kali sehari.

5. Kedondong untuk obat batuk
Siapkan 3 buah kedondong lalu cuci sampai bersih, Setelah kocok buah kedondong sampai selesai, tidak ada air yang ditambahkan, peras airnya dan beri sedikit garam, siap minum 2x sehari.

6. Kedondong untuk mengatasi anemia
Bila mengkonsumsi 100 gram sudah cukup asupan 30 mg zat besi, yang mempermudah proses pembentukan sel darah merah.

10. Sebagai antioksidan
Buah kedondong sebagai antioksidan mampu menolak virus jahat atau radikal bebas. Karena vitamin A dan vitamin C mampu menahan tubuh dari serangan radikal bebas dari dalam dan luar.

8. Kedondong untuk kesehatan mata
Kehadiran kandungan vitamin A dalam buah kedondong berperan penting dalam kesehatan indra penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan benda-benda yang diterima oleh retina dari mata ke otak sebagai gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

9. Kedondong untuk meningkatkan stamina
Dengan kandungan gizi yang terkandung dalam buah bentuk kedondong gula dalam bentuk sukrosa tentu sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.

7. Kedondong untuk mencegah penyakit jantung
Seperti disebutkan di atas, kedondong mengandung kalsium, seperti kita ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

11. Kedondong untuk penyembuhan luka
Dengan kandungan vitamin A, ini bisa membantu menjaga kesehatan jaringan di tubuh kita. Makanya buah kedondong ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

12. Kedondong untuk mengatasi anemia
Kandungan besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 miligram, bisa membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, buah kedondong nampaknya juga mengandung vitamin B1 yang bisa membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

13. Kedondong Untuk Restorasi Tubuh
Kandungan vitamin C dalam buah kedondong dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan membantu proses pemulihan tubuh setelah rutin melakukan aktivitas yang menghabiskan banyak energi.

14. Kedondong mengendalikan kadar kolesterol
Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong juga membantu metabolisme kolesterol dalam asam empedu, yang berarti untuk kadar kolesterol darah dan batu empedu yang meningkat. Makanya mengkonsumsi buah kedondong secara teratur akan bisa membantu menjaga kadar kolesterol.

15. Kedondong Untuk mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin C dari buah kedondong juga dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, racun atau kontaminasi. Radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

16. Kedondong Untuk Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan fosfor yang terkandung dalam buah kedondong berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi buah kedondong bisa menjaga tulang dan gigi tetap sehat karena usia tua.

17. Kedondong untuk mengobati sariawan
Kandungan vitamin C pada buah kedondong.


Itulah beberapa manfaat dondong, semoga berguna dan bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.