Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan - Manfaat jambu biji yang paling penting adalah kandungan vitamin C-nya. Jambu biji adalah buah yang biasa ditemukan di Asia. Dalam bentuk bulat dengan daging buah putih atau merah dan ada banyak biji kecil di dalam daging. Banyak nutrisi yang baik terkandung dalam jambu biji. Vitamin C yang terkandung dalam jambu dengan bobot 275 g, dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dua anak pada usia 13-20 tahun.

Manfaat jambu


Tidaklah mengherankan bahwa jambu biji disebut "buah super". Dibandingkan dengan jumlah buah nanas yang sama, jambu biji mengandung 30 kalori lebih per porsi, protein 3 kali lebih banyak dan memiliki serat 4 kali lebih banyak. Inilah kandungan di dalam jambu biji:

Baca juga : Khitan pekanbaru

  • vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir dan kulit sehat
  • folat (20%), baik bagi ibu hamil untuk mencegah cacat tabung neural.
  • Flavonoid termasuk beta karoten (penghambat kanker)
  • lycopene, yang dalam jambu merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit dari sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat
  • lutein dan cryptoxanthin, keduanya antioksidan
  • Kalium - Kandungan potassium ini sama dengan manfaat pisang dan penting untuk detak jantung serta pengatur tekanan darah.

Ada kemungkinan untuk menyebutkan jumlah zat penting lainnya dalam jumlah yang lebih sedikit dalam jambu biji:


  • Asam pantotenat
  • Niasin
  • Vitamin B6 (piridoksin)
  • Vitamin E dan K
  • Mineral magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Sertakan enzim superoksida dismutase.
  • Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan


Kandungan jambu biji di atas, memberi manfaat jambu biji sangat baik bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Kurangi hipertensi
Manfaat jambu biji mencegah penebalan darah, sehingga menjaga aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Jambu biji juga membantu menurunkan kolesterol darah Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan serat kurang (seperti tepung halus) meningkatkan tekanan darah, karena konversi gula yang cepat. Jambu ini sangat kaya serat dan hipoglikemik efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung yang lebih baik yang mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Mengatasi Diabetes
Pada manfaat yang terkait dengan tekanan darah tersebut di atas, asupan jambu biji juga bisa membantu penderita diabetes, seperti manfaat buah noni. Kandungan serat tinggi dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji dapat membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

3. Tiroid Sehat
Jambu biji merupakan sumber yang baik sebagai sumber tembaga, yang merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid, yang membantu mengendalikan produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi organ tubuh, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.

4. Optimalisasi penglihatan
Jambu biji merupakan sumber vitamin A yang sangat baik seperti yang ditemukan pada manfaat wortel. Jambu biji dikenal sebagai peningkatan kesehatan untuk penglihatan. Hal ini dapat membantu memperlambat timbulnya katarak, degenerasi makula dan kesehatan secara keseluruhan di mata. Ini tidak hanya mencegah degradasi penglihatan, namun tetap menjaga penglihatan pada saat kekuatan mata berkurang.

5. Pengobatan sembelit
Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya serat makanan dalam hal buah. Bagian dari biji, jika dimakan utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai pencahar. Kedua, sifat jambu biji membantu membentuk gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh menjaga air, dan membersihkan usus secara menyeluruh. Dikatakan bahwa sembelit bisa menyebabkan 72 macam penyakit, sehingga kelegaan sembelit bisa bermanfaat. Total kesehatan tidak bisa dipungkiri, yang dipengaruhi oleh pencernaan. Seringkali konsumsi jambu biji bisa menjamin kesehatan pencernaan, seperti manfaat pepaya.

6. Mengatasi Diare
Senyawa astringents dalam jambu biji, membuat perlindungan terhadap diare. Penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra di usus dilakukan oleh zat seperti disenfektan dan anti bakteri basa. Selain itu, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan potasium, menguatkan sistem pencernaan serta desinfektan. Jambu biji juga bermanfaat dalam pengobatan gastroenteritis karena alasan yang sama seperti yang disebutkan di atas.

Itulah manfaat jambu biji untuk kesehatan, semoga berguna dan bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.