Manfaat bengkoang bagi kesehatan

Manfaat bengkoang bagi kesehatan - Tentunya teman saya sudah mengenal bengkoang, umbi ini biasanya tampil di iklan televisi sebagai bahan untuk kesehatan kulit. Bengkong juga ini bisa dikonsumsi dan juga sangat enak buat saya, ga tau deh untuk teman-teman lain hehe. Bengkoang termasuk jenis umbinya. Bengkuang atau Bengkoang (Pachyrhizus erosus) diketahui dari bola lampu putih (cormus) yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan acar atau digunakan sebagai masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tanaman asli Amerika tropis termasuk dalam legum suku atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tanaman ini dikenal sebagai xicama atau jicama. Orang Jawa menyebutnya besusu.

Manfaat bengkoang




Berisi gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendinginan karena mengandung kandungan air sebesar 86-90%. Manisnya berasal dari oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin), yang tubuh manusia tidak dapat mencerna. Properti ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau untuk orang yang memiliki diet rendah kalori.

Kandungan gizi tersedia di Bengkoang sebagai berikut :

khasiat dan manfaat bengkoang bagi kesehatan
Dalam studi bengkoang 100 g itu mengandung nutrisi sebagai berikut:
Vitamin B1 = 0,04 mg
Vitamin C = 20 mg
Energi = 55 kkal
Besi = 1 mg
Protein = 1,4 g
Lemak = 0,2 g
Karbohidrat = 12,8 g
Kalsium = 15 mg
Fosfor = 18 mg


Baca juga : Sunat pekanbaru

Manfaat kesehatan bengkoang sebagai berikut :

1. Bengkoang bisa mengurangi produksi asam lambung
Bengkoang memiliki sifat basa yang berfungsi sebagai pendingin atau menyerap asam lambung dengan cepat.

2. Benkoang baik dimakan oleh penderita diabetes / diabetes
Kandungan inulin yang terkandung dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang manis. Inulin tidak bisa dicerna oleh enzim dalam usus manusia agar kadar gula dalam tubuh tetap normal walau rasanya terasa manis. Bengkoang bisa mengobati sariawan dan sebagai antioksidan
Kandungan vitamin C di bengkoang sangat baik untuk antioksidan dan sebagai obat kanker. Selain itu bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bengkoang bisa memperlancar pencernaan Inulin di bengkoang memiliki khasiat seperti serat makanan, sifat ini mempengaruhi fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Jadi bengkoang sangat bagus untuk memperlancar pencernaan.

Bengkoang bisa memberi makan tulang dan gigi
Kandungan fosfor dan kalsium di bengkoang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Bengkoang bisa mengurangi efek menopause (keriput / keriput)
Untuk mengurangi kemungkinan terpapar efek menopause tubuh memerlukan fitoestrogen, dan fitoestrogen ada di bengkoang. Mengkonsumsi cukup banyak fitoestrogen akan membuat kulit Anda tetap sehat dan segar. Bengkoang bisa mengobati beri-beri Kandungan vitamin B1 di bengkoang bisa mencegah peniiber Beri-beri.

8. Masker bengkoang bisa menghilangkan bintik hitam dan bercak di wajah
Bengkoang bisa menghilangkan bintik hitam / bintik di wajah Anda. Untuk penggunaannya cukup bengkoang parut dan tumbuk lalu digunakan sebagai masker.

9. Bengkoang bisa mempermudah ASI
Dan manfaat terbaru Bengkoang yang ditemukan oleh kaum muda di daerah Nganjuk disebut Nur Alim saat dia salah satu keponakannya yang setelah melahirkan, namun susu ibu tidak bisa pergi sudah beberapa cara telah dilakukan untuk minum obat dan segala macam alternatif. . Nur Alim akhirnya mencoba memberi kepada Bengkong kepada keponakannya Wallahu Alam segera ASI dari keponakannya keluar seperti air keran yang tumpah. Bengkoang itu juga bisa menyuburkan ASI. Meski umbi bisa dimakan, sisa ubi jalar sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini sering digunakan untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji. Meski biji biji beracun bisa dijadikan ramuan obat. Benih ditumbuk dan dicampur dengan belerang yang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara di Jawa Tengah, setengah dari biji bengkuang bisa dijadikan obat penyembuhan-urus. Keracunan biji bengkuang umumnya diatasi dengan minum air kelapa hijau dan bisa digunakan untuk menavigasi gerakan usus karena kendi mengandung serat unggul pada mangga.

Itulah beberapa manfaat buah dan biji bengkoang, bisa bermanfaat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.